Friday, September 29, 2023

Negara OPEC dan Uni Eropa Mulai Khawatir Dengan Mobil Listrik Cina


Gambar: Euractiv.com

Presiden Uni Eropa, Ursula Von Der Leyen mengatakan bahwa Uni Eropa sedang melakukan investigasi terhadap mobil listrik Cina. Investigasi dilakukan karena Harga mobil listrik Cina yang terbilang murah, dan di curigai Cina melakukan proteksi serta potongan pajak dan subsidi besar-besaran, sehingga harganya jauh lebih murah dibandingkan mobil-mobil listrik buatan Eropa. Ekspor mobil listrik Cina semakin meningkat dan mengalami tren positif, bahkan diminati oleh konsumen negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa. Semakin meningkatnya pangsa pasar mobil listrik Cina, ditengarai akibat harga mobil listrik tersebut yang terbilang jauh lebih murah daripada mobil listrik buatan Eropa, namun memiliki fitur-fitur yang tak kalah canggih dengan mobil listrik asal Eropa.
Inilahah yang membuat Uni Eropa merasa terancam oleh mobil listrik Cina, sehingga melakukan investigasi dan mencari tahu apa yang menyebabkan mobil listrik Cina memiliki harga yang kompetitif. Uni Eropa juga menilai ada kemungkinan rantai pasokan dari komponen mobil listrik tersebut, terutama komponen Chip juga disediakan oleh produsen Cina sendiri. Eropa tidak ingin Cina melakukan strategi tidak fair, sehingga merugikan produsen mobil listrik asal Eropa yang sudah memiliki reputasi.

Selain Eropa, Negara-negara OPEC atau penghasil minyak bumi juga merasa terancam. Hal ini di tengarai semakin menurunnya permintaan minyak bumi dari negara-negara importir yang selama ini membeli minyak dari OPEC tersebut. Jika mobil listrik semakin massive dan semakin di minati oleh pasar, maka pendapatan negara-negara OPEC akan semakin tergerus. Saat ini pun, penjualan minyak OPEC semakin tergerus, bukan hanya akibat mobil listrik, namun juga mobil konvensional yang menggunakan BBM, yang telah menggunakan teknologi irit konsumsi bahan bakar.

Itulah kekhawatiran dari negara Uni Eropa serta OPEC, yang merasa pendapatannnya akan tergerus akibat perkembangan mobil listrik yang semakin meningkat di seluruh dunia. Jika di tinjau dari sisi lingkungan hidup, tentu jika mobil listrik semakin banyak dan menggantikan mobil BBM, maka dampak buruk dari emisi karbon terhadap lingkungan semakin berkurang. Semoga saja, mobil listrik semakin menjadi moda transportasi utama menggantikan mobil dengan bahan bakar fosil yang merusak lingkungan. Akan semakin efektif jika mobil listrik berfokus pada transportasi umum, sehingga akan sangat membantu mengurangi dampak pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan.

No comments:

Post a Comment