Monday, July 23, 2012

Tips dan Pengalaman Menulis Thesis

Foto: Saya di tengah, prof. Te-Kuang di kiri, dan teman asal Peru di kanan
Saya termasuk beruntung ketika menyelesaikan gelar sarjana dari Unika Atma Jaya jurusan Bisnis Administrasi pada tahun 2006 lalu, saya mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan S2 atau Master dari Southern Taiwan University di Taiwan dengan program beasiswa penuh dari pemerintah Taiwan. Walaupun sebenarnya dengan perjuangan cukup berat pada masa-masa saya lulus sarjana dulu, baik dalam hal mencari kerja maupun perjuangan mendapatkan beasiswa itu sendiri.

Langsung saja, tidak jauh berbeda dengan menulis skripsi waktu di program sarjana dulu.Bingung menentukan tema adalah hal yang wajar dialami penulis, thesis mulai saya buat pada awal tahun ke dua studi saya. Waktu itu saya inget betul, pada saat libur summer banyak teman-teman saya pulang ke negaranya masing-masing, termasuk teman-teman mahasiswa Indonesia. Kampus menjadi hening, asrama pun hanya beberapa saja yang menghuni.

Singkat kata, akhirnya saya berhasil menemukan topik yang saya sukai, yakni mengenai Corporate Social Responsibility (CSR). Saya ingin meneliti tentang pandangan masyarakat Taiwan dan Indonesia terhadap  CSR, begitulah singkatnya.Saya pun berhasil menggaet dosen pembimbing yang akan membantu saya menulis thesis. Seorang Professor yang cukup terkenal, dan memiliki jabatan yang tinggi di Universitas itu, namanya adalah Te-Kuang Chou. Waktu itu beliau hanya membimbing dua mahasiswa yaitu saya sendiri, dan seorang teman dari Peru yang bernama Fernando Sierre Vargas.

Sedikit demi sedikit, saya kumpulkan bahan dan mulai menulis. Akhirnya dengan perjuangan yang cukup melelahkan saya berhasil menulis Thesis tersebut hampir satu tahun lamanya. Hari-hari yang ditunggu pun datang, yaitu defense atau sidang kalau di S1 dulu. Beberapa teman saya menyaksikan acara defense, termasuk teman teman dari Indonesia, dan beberapa dari negara lain seperti Thailand, Vietnam, Bangladesh, dan Peru. Cemas dan nervous pun menghinggapi saya kala itu.


Akhirnya...selama hampir satu jam lamanya saya pun dihujani pertanyaan, ada yang bisa dijawab, ada yang dijawab seadanya, sambil cengengesan didepan dosen minta belas kasihan sambil bergumam dalam hati " mas bro...jangan nanya mulu pusing juga gw hehehe". Setelah selesai, hati pun senang dan lebih senang lagi saya lulus dengan hasil yang cukup memuaskan menurut ukuran saya.Dosen pun memberi sejumlah catatan agar mengedit beberapa bagian yang kurang tepat pada karya ilmiah saya tersebut, repot lagi....

Hanya untuk berbagi saja, berikut saya tampilkan tips-tips bagaimana menulis thesis atau pun skripsi. Ini Tipsnya:
  1. Pilihlah topik yang menarik menurut kita, supaya pada saat menulis tidak merasa cepat jenuh karena ada keinginan dan ketertarikan dari kita sebagai penulis.
  2. Jangan malu bertanya kepada teman atau guru yang dianggap kompeten, ini penting ketika kita sudah menulis panjang lebar tapi tidak tepat dan kita harus mengulang lagi, waktu pun terbuang.
  3. Cari sumber sebanyak mungkin yang penelitiannya mirip dengan topik kita, agar kita bisa melakukan step-step yang benar.
  4. Jangan terlalu serius dalam menulis thesis, dalam arti santailah tetapi tetap fokus agar jangan stress. Karena skripsi atau thesis adalah tulisan biasa saja, dan bukan sesuatu yang menakutkan.
  5. Tabahlah, dan bersabarlah, karena dalam proses penulisan pasti akan ada hambatan dan tantangan baik besar maupun kecil.
  6. Berpikir positif, dan berdoa jangan lupa.
Itulah kiat-kiat dan pengalaman yang bisa saya sampaikan, semoga berguna bagi sahabat blog.

Salam.




No comments:

Post a Comment