Wednesday, September 27, 2023

Krisis Multi Dimensi Akibat Memanasnya Tensi Geopolitik Dunia


Gambar: Pagertoyo (Ilustrasi Perubahan Iklim)

Para ahli ekonomi berkata bahwa dunia semakin memburuk dari hari ke hari, krisis multidimensi pun terjadi. Salah satu krisis yang paling dikhawatirkan oleh para ahli adalah krisis iklim. Krisis iklim ini akan menimbulkan krisis lainnya seperti krisis pangan, krisis ekonomi dan krisis kesehatan dunia. Mengapa bisa demikian? Karena jika iklim dunia semakin memburuk, karena berdasarkan pernyataan terbaru dari PBB, bahwa saat ini dunia sudah menghadapi era pendidihan global, karena suhu bumi mencapai rekor panas tertinggi di Tahun 2023 ini. Dengan suhu bumi yang semakin tinggi, maka akan ada gagal panen di berbagai sektor pertanian, jika gagal panen maka akan terjadi krisis pangan dunia dan akan mengikut krisis krisis lainnya seperti kelaparan, bahkan sampai peperangan karena terbatasnya ketersediaan pangan.

Masalah utama yang di hadapi oleh dunia saat ini adalah perubahan iklim yang ekstrim, akibat dari emisi karbon yang sudah di luar ambang batas. Kita melihat sendiri bencana di mana-mana, baik banjir, badai dan intensitas nya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Inilah yang dikatakan oleh para pakar bahwa krisis multi dimensi akan terus terjadi, dan semakin memburuk.

Lantas bagaimana solusi nya? solusi nya adalah negara-negara harus bersatu, dan hentikan konflik dan peperangan antar negara. Jika konflik geopolitik terus terjadi, maka kita akan kehilangan fokus untuk menyelesaikan masalah yang sesungguhnya yakni perubahan iklim, dimana saat ini bukan lagi era pemanasan global, namun saat ini kita menghadapi era pendidihan global (boilling era)

Negara-negara maju harus mengambil inisiatif, untuk menciptakan tatanan dunia yang kondusif dan damai. Negara maju harus membantu negara-negara berkembang untuk mengurangi bahan bakar yang menghasilkan emisi karbon. Jangan seperti saat ini, geopolitik semakin memanas, baik karena perang Rusia dan Ukraina, maupun persaingan antara Amerika Serikat dengan Cina, yang juga menyeret konflik dengan Taiwan. Bahkan, saat ini juga terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dengan Cina, dan juga Eropa dengan Cina, masing-masing saling menghambat yang pada akhirnya banyak orang yang terkena dampaknya.

Semoga dunia semakin sejuk, dan semua negara berinisiatif mengurangi tensi geopolitik yang semakin memanas, sehingga dunia dapat bekerja sama membantu mengurangi dampak perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

No comments:

Post a Comment