Saturday, July 15, 2017

Burung Dalam Sangkar

Burung yang saya ceritakan dalam cerita blog ini
Setiap hari saya melihat dan mendengar kicauan burung dalam sangkar tepat di samping tempat tinggal saya, burung tersebut cukup bagus baik warna maupun suaranya. Sang pemilik setiap pagi membersihkan burung tersebut, dan memberi makan dan minum setiap hari.

Saya melihat bahwa burung tersebut tidak seharusnya berada di dalam sangkar, burung tersebut seharusnya terbang bebas melintasi batas dan tempat. Manusia memang egois, demi ingin mendengarkan suara burung yang bagus, burung di masukkan ke dalam sangkar.
Mungkin burung tersebut memiliki segalanya yang dia butuhkan baik makanan maupun minuman, tetapi harta yang paling berharga adalah kebebasan. Saya melihat burung tersebut berkicau setiap hari, dan suara burung tersebut cukup membuat sejuk suasana, namun saya lebih senang jika burung tersebut bisa terbang bebas sesuai kodratnya.

Jika kita analogikan dengan kehidupan manusia, mungkin ada makna yang bisa kita ambil dari kehidupan burung dalam sangkar tersebut. Maknanya adalah betapa kebebasan itu sangat berharga bagi kita manusia, walaupun kita memiliki segalanya tapi jika kita terbelenggu maka hidup tak ada maknanya.
Terbelenggu bukan hanya secara fisik, namun juga pikiran. Artinya, janganlah kita terbelenggu oleh rasa takut, rasa khawatir tentang hidup kita.
Marilah kita hidup bebas dari rasa takut, dan khawatir agar hidup kita tidak seperti burung yang terbelenggu dalam sangkar tersebut.

Salam

No comments:

Post a Comment