Thursday, July 6, 2017

Anomali dalam Dunia Sosial Media

Ilustrasi media sosial

Saat ini hampir semua manusia yang bernapas menggunakan sosial media, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Banyak sekali kejadian-kejadia yang bermula dari media sosial berlanjut ke dunia nyata. Baik itu akibat pernyataan seseorang yang tidak sejalan dengan orang lain maupun ujaran-ujaran kebencian terhadap seseorang, yang kemudian orang tersebut di laporkan ke pihak yang berwajib.

Menurut saya media sosial adalah sesuatu yang sangat berbahaya jika kita tidak dapat mengontrolnya, baik dalam mengunakannya maupun dalam menyatakan pendapat atau status di media sosial tersebut.
Media sosial seharusnya memiliki regulasi yang ketat, misalnya hanya boleh digunakan oleh orang-orang dengan usia tertentu, sehingga dapat menurunkan dampak negatif media sosial tersebut.

Dunia maya saat ini bahkan lebih berisik dari pada dunia nyata, sebuah anomali yang terjadi saat ini.
Ada penelitian yang menyatakan bahwa semakin jarang kita membuka media sosial, maka semakin tinggi kesehatan jiwa dan mental kita. Sesuatu yang mengejutkan, berarti aktifitas di dunia maya dianggap tidak sehat bagi jiwa dan mental manusia.

Saya akan kasih contoh, mungkin banyak sekali orang yang terobsesi dengan status orang lain; misalnya jika kita melihat status orang yang bepergian ke luar negeri atau berlibur, maka orang lain akan berlomba juga untuk membuat status yang sama. Misalnya demi membuat status liburan, dia rela memaksakan diri untuk berlibur walaupun kantong sedang pas-pasan.
Itulah satu contoh dimana sosial media sudah merupakan tekanan sosial yang memaksa orang untuk menjadi orang lain, itu sangat berbahaya.

Marilah kita bijak menggunakan sosial media, terutama dalam memposting berita atau status kita.
Jangan sampai status yang kita buat menjadi batu sandungan buat orang lain yang membaca status kita.

Salam dan Terimakasih.

No comments:

Post a Comment