Saturday, July 7, 2018

Dunia Hari Ini Berputar Sangat Cepat

Mengapa saya mengatakan dunia ini berputar sangat cepat, waktu seperti sangat singkat kita rasakan saat ini. Saya merasa bahwa kemajuan teknologi yang begitu pesat, perkembangan Internet yang super cepat, teknologi telekomunikasi yang berkembang begitu pesat seperti 4G, dan sekarang menuju 5G membuat kita tidak memiliki lagi batas ruang dan waktu. Media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan juga Line, benar-benar membentuk cara kita berkomunikasi dan berperilaku. Dimana saja, kapan saja, seterpencil apapun tempat anda tinggal, sepanjang ada jaringan internet, anda bisa berkomunikasi dengan siapapun detik itu juga. 


Privasi tidak lagi menjadi hal yang perlu kita pertimbangkan ketika kita ingin berkomunikasi dengan siapapun, ketika kita mengirim pesan, maka detik itu juga akan diterima oleh orang yang kita tuju kapan saja baik pagi, siang, sore, tengan malam sekalipun. Bahkan fitur-fitur di media sosial memungkinkan kita untuk mengetahui apakah pesan kita sudah terbaca atau belum. Luar biasa bukan? jika kita tidak segera membalas, maka akan ada perasaan kita diabaikan dan kemungkinan akan mengganggu hubungan kita selanjutnya. Inilah yang saya katakan betapa privasi benar-benar tidak berbatas lagi di jaman serba cepat ini.

Jika kita flash back di jaman 20 tahun lalu, saya masih ingat bagaimana saya harus mengirim surat lewat pos jika kita ingin menyapa atau berhubungan dengan saudara atau teman kita. Jika saya menerima surat dari nenek, maka tiap kata begitu berarti yang ditulis dalam tulisan di surat tersebut. Mengapa? karena jaman dahulu, jika kita mengirim surat, maka akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan lebih tergantung lokasi kita mudah dijangkau atau tidak oleh petugas pos. Sehingga jika surat tersebut sampai di tangan kita, maka betapa gembira hati kita ketika menerima surat tersebut.

Saya benar-benar merindukan masa itu, dimana waktu berputar lambat, namun begitu berharga dan berarti tiap menitnya. Teknologi benar-benar merubah segalanya, merubah kita berperilaku dan berkomunikasi. Jangan sampai teknologi yang mengatur hidup kita atau bahkan membentuk perilaku kita, kita lah yang harus mengatur teknologi. Kita yang menentukan kapan teknologi itu harus kita gunakan, dan kapan kita harus istirahat dengan semua teknologi tersebut. 
Manusia yang empunya teknologi, bukan teknologi yang menguasai kita.
Salam

No comments:

Post a Comment