Tuesday, July 7, 2015

Menulis Untuk Keabadian

Pramoedya Ananta Toer (Sumber: Google image)

Menulis adalah pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang, karena sejak kecil kita telah belajar menulis. Menulis hanya butuh ide, dan ide bisa datang kapan saja. Tidak harus keren, hal-hal sederhana bisa kita ceritakan lewat tulisan; kehidupan kita sehari-hari, pengalaman masa lalu, dan sebagainya.

Buat saya pribadi, menulis adalah hal yang sangat menyenangkan, saya dapat mencurahkan isi hati dan juga perasaan saya ke dalam sebuah tulisan. Harapannya adalah kelak tulisan saya dibaca oleh banyak orang, dan mereka yang membaca mendapatkan informasi yang berguna.

Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi; berbagi pengetahuan, pengalaman atau pun informasi yang sedang mereka cari. Selain itu menulis juga dapat dijadikan media untuk menyimpan sejarah hidup kita, siapa pun yang membaca dapat mengetahui pikiran kita, pandangan kita akan sesuatu hal, bahkan sejarah hidup kita. Saya berharap suatu saat tulisan saya dibaca oleh anak cucu saya, dan mereka mengetahui profil kehidupan saya.

Seperti kata Tokoh Sastrawan yang sangat saya kagumi, Pramoedya Ananta Toer. Beliau berkata: orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Jadi, marilah kita menulis. Menulis hal-hal sederhana, yang jika dibagikan kepada orang banyak akan menjadi hal yang luar biasa.

Selamat menulis!



No comments:

Post a Comment