Sunday, June 2, 2013

Kemampuan Membuat Keputusan


Dalam kehidupan, kita selalu membuat sebuah keputusan-keputusan baik itu besar atau pun keputusan kecil. Contoh sebuah keputusan misalnya keputusan memilih sekolah, keputusan memilih pekerjaan, atau bahkan memilih menu makanan. Kita sering mendengar bahwa banyak orang tidak mampu membuat keputusan secara cepat. Terlalu banyak pertimbangan untung rugi dan sifat yang plin plan membuat keputusan semakin lama kita buat.

Saya setuju dengan perkataan orang yang mengatakan bahwa kita memang harus membangun skill untuk membuat keputusan secara cepat dan tepat. Boleh saja kita mengukur untung rugi akan sebuah keputusan yang akan kita ambil, namun jangan terlalu banyak memakan waktu sehingga menjadi wasting time. Lihat saja pemerintah yang plin plan dalam mengambil keputusan tentang dihapus atau tidaknya subsidi BBM (bahan bakar minyak), yang dibuat bingung bukan hanya pemerintah itu sendiri, namun masyarakat luas di buat bingung akan ketidakjelasan tersebut.

Menurut saya, kita harus mampu membuat keputusan secara cepat, dan tepat, dan yang paling penting tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Kesalahan adalah hal biasa, namun ketegasan adalah hal luar biasa yang harus dibangun sejak dini.





No comments:

Post a Comment