Saturday, December 15, 2012

Evaluasi di Tahun 2012


Tidak terasa tahun 2012 akan segera berakhir dan tahun baru 2013 segera tiba. Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang kita alami di tahun ini, baik yang menyenangkan maupun yang tidak. Buat saya tahun 2012 adalah tahun yang cukup berkesan, mengingat banyak sekali peristiwa yang penting, menegangkan, dan juga yang kurang menyenangkan yang saya alami. Namun semua pengalaman itu sangat berharga dan menjadi pelajaran hidup bagi saya untuk melangkah kedepan.


Sebagian besar dari kita tentunya telah mempersiapkan resolusi atau goals, atau cita-cita yang ingin dicapai di tahun 2013. Terkadang sangkin semangatnya mempersiapkan resolusi atau cita-cita ditahun baru, kita lupa untuk me review atau melakukan kilas balik di tahun 2012 yang akan segera kita tinggalkan. Menurut saya, membuat resolusi atau keinginan-keinginan yang ingin dicapai ditahun baru adalah hal yang wajar dan sangat baik. Namun, melakukan kilas balik ataupun mengingat kembali peristiwa yang lalu untuk bahan evaluasi kedepan tidak kalah pentingnya dengan membuat resolusi tahun baru.

Melakukan kilas balik adalah penting sebagai bahan pelajaran bagi kita dan sebagai modal penting untuk mencapai keinginan atau goal di tahun baru. Bahkan kita bisa belajar dari kesalahan dimasa lalu agar tidak terulang kembali dimasa depan. Belajar dari kesalahan dimasa lalu buat saya adalah sekolah informal yang penting, bahkan sama pentingnya dengan sekolah formal di kelas. Pemimpin perusahaan besar seperti Microsoft mengatakan kepada karyawannya untuk tidak takut melakukan inovasi dan belajar dari kesalahan yang dibuat dimasa lalu. Jika karyawanya membuat kesalahan, perusahaan tidak menganggap sebagai cost atau biaya, namun sebagai investasi karena telah "menyekolahkan" karyawannya   dan agar "belajar" dari kesalahan yang telah dibuatnya untuk mengembangkan dirinya dimasa depan.

Bagaimana dengan anda? apakah anda sudah mempersiapkan resolusi di tahun 2013 dan juga mengevaluasi perjalanan anda selama tahun 2012 ini ?

Selamat mengevaluasi tahun 2012 anda dan menyambut tahun baru 2013 dengan rencana dahsyat anda.

Salam.





No comments:

Post a Comment