Wednesday, July 4, 2012

Momentum!


Ilustrasi: Seseorang memperoleh momentum untuk berlari mendahului yang lain


Pertandingan final piala Eropa 2012 antara Spanyol dan Italia menghasilkan kejutan dan diluar prediksi para komentator sepak bola di Televisi, yaitu 4-0 dengan kemenangan Spanyol. Mengejutkan karena terjadi selisih gol yang cukup besar untuk kemenangan Spanyol, yaitu empat goal tanpa balas. Tidak ada yang meragukan kedua tim tersebut, keduanya adalah tim hebat yang telah berjuang habis habisan untuk memenangkan setiap pertandingan dan mencapai Final. 

Kemenangan Spanyol diawali oleh sundulan David Silva ke gawang Buffon, kemudian dilanjutkan oleh gol Alba, Fernando Tores, dan Juan Mata pada menit-menit terakhir. Gol David Silva menjadi shock teraphy bagi Italia dan menjadi pelecut semangat bagi Spanyol. Inilah yang disebut momentum atau dalam bahasa Indonesia nya didefinisikan sebagai waktu yang tepat, waktu yang tepat untuk bangkit dan melecutkan semangat sang empunya momentum yaitu Spanyol. Spanyol berhasil memanfaatkan momentum hingga akhir pertandingan dan memenangkan turnamen piala Eropa 2012.

Masih ingat pertandingan antara Jerman dan Italia pada semifinal masih di turnamen yang sama? ya, pertandingan dimenangkan oleh Italia. Lihat bagaimana Jerman yang tidak terkalahkan dan begitu digdayanya bisa dipermalukan oleh Italia dengan skor 2-1 untuk Italia. Gol pertama dan kedua di buat oleh Mario Balloteli, lihat betapa Jerman juga terkena shock teraphy, gol Balloteli yang pertama membuat Jerman menjadi panik dan membuat konsentrasi pemain Jerman buyar seketika, tim yang dijuluki Der Panzer tiba-tiba menjadi Der Bajaj.Gol pertama Balloteli lah yang menjadi momentum bagi tim Italia untuk menghempaskan Jerman menuju final, gol ini menjadi momentum atau waktu yang tepat bagi Italia untuk memenangkan pertandingan melawan Jerman dan sebagai pelecut semangat tim Italia untuk tetap semangat dan fokus sampai pluit panjang berbunyi

Momentum hanya terjadi sekali dalam setiap momen kehidupan kita, ada banyak jenis momentum; momentum untuk sukses, momentum untuk sembuh, momentum untuk lulus dll. Jika kita melewatkan dan menyia nyiakan momentum, maka kesempatan kita untuk maju atau berhasil akan terhambat. Pelajaran dari sepak bola piala Eropa 2012 untuk saya dan mungkin anda juga, pandai-pandailah kita memanfaatkan setiap momentum yang datang di kehidupan kita.

Sudahkah anda memanfaatkan momentum dalam kehidupan sehari-hari?

Salam Olahraga.


No comments:

Post a Comment